uji laboratorium lingkungan, perlukah?

Perlukah Uji Laboratorium Lingkungan?

Uji laboratorium lingkungan, perlukah? Pengujian laboratorium bertujuan utuk mengetahui secara pasti kadar suatu zat. Hal itu berfungsi sebagai indikasi tingkat pencemaran suatu lingkungan.

Air, udara, cahaya, hingga kebisaingan adalah beberapa parameter sampling. Pemerintah melakukan tolak ukur dalam pengambilan kebijakan berdasarkan valid dan reliable dari hasil uji.

Uji Laboratorium Lingkungan – Tahapan dan Prosedur Dalam Pengambilan Sampling

  1. Memastikan kembali tujuan pengambilan sampel lingkungan
  2. Memutuskan cara-cara mencapai tujuan
  3. Mempertimbangkan sumberdaya dan segala urusan administrasi, misalnya izin untuk memasuki suatu pabrik
  4. Menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi saat pengambilan sampel

Selanjutnya, secara umum tujuan pengambilan sampel lingkungan ada 4 yaitu:

1.   Mengumpulkan data rona awal lingkungan (exploratory)

Pengambilan sampel lingkungan dengan tujuan pengumpulan data rona awal lingkungan pada hakikatnya adalah mengetahui informasi awal kualitas lingkungan pada daerah dan waktu tertentu.

Selanjutnya, menjadikan perubahan data sebagai alat evaluasi kualitas lingkungan dari adanya perubahan sebagai dampak kegiatan daerah sekitar.

Misalnya untuk membantu menyajikan informasi awal tentang keberadaan bahan pencemar atau polutan beserta nilai konsentrasinya.

2.   Memantau lingkungan (monitoring)

Pemantauan lingkungan adalah pengulangan uji parameter lingkungan di lokasi dan titik pengambilan sampel yang telah ditetapkan pada periode tertentu. 

Kemudian, membandingkan data pemantauan dari sampel lingkungan yang mewakili kondisi sesungguhnya untuk parameter yang sama dalam periode tertentu

3.   Menegakkan hukum lingkungan

Mengawasi penerapan peraturan perundangan lingkungan hidup untuk membuktikan indikasi pencemaran lingkungan menggunakan cara sampling

Melakukan penentuan lokasi dan titik pengambilan sampel mendasar pada situsasi yang ada, sedangkan pangujian parameternya menyesuaikan permasalahan yang ada

4.   Melakukan penelitian lingkungan

Pengambilan sampel untuk penelitian lingkungan sangat tergantung pada ruang lingkup penelitian.

Selanjutnya pemantauan lingkungan (monitoring) mempunyai tujuan antara lain:

  1. Menentukan status kualitas lingkungan
  2. Mengelola sumberdaya alam
  3. Menentukan kebijakan pengeloaan lingkungan
  4. Menghadapi masalah lingkungan global

Sanksi Hingga Penutupan Badan Usaha

Pemerintah bisa mengambil tindakan tegas jika hasil pengujian telah melewati ambang batas. Tindakan dapat berupa peringatan, sanksi hingga penutupan badan usaha.

Oleh karena itu, Pemerintah menggunakan data kualitas lingkungan sebagai dasar perencanaan, evaluasi, maupun pengawasan yang sangat berguna bagi para pengambil keputusan baik di tingkat daerah atau pusat dalam menentukan kebijakan lingkungan hidup.

Uji Laboratorium Lingkungan juga dapat memberikan data pencemaran lingkungan yang akurat dan valid. Kasus pencemaran lingkungan selalu hilang dan kandas akibat kurangnya bukti data pencemaran lingkungan.

Dengan demikian, melakukan kegiatan uji laboratorium lingkungan merupakan dukungan dari anda untuk menjaga kelestarian alam.

Tinggalkan Balasan