Laboratorium Lingkungan: Peran, Fungsi, dan Memilihnya

Laboratorium Lingkungan: Peran, Fungsi, dan Memilihnya

Laboratorium Lingkungan adalah sebuah lembaga yang berfungsi untuk menganalisa dampak lingkungan yang terjadi di suatu wilayah tertentu akibat dari kegiatan industri. Lembaga Laboratorium Lingkungan perlu memiliki akreditasi yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah untuk menjalankan aktivitasnya. Keberadaan Laboratorium Lingkungan diperlukan menjadi bagian penting membantu Pemerintah dalam monitoring dampak lingkungan dari aktivitas industrialisasi.

Hadirnya Laboratorium Lingkungan di tengah pesatnya Industrialisasi tentu sangat membantu pelaku industri melakukan analisa ataupun penilaian terhadap dampak lingkungan yang terjadi dari kegiatan yang dilakukan.

Pesatnya Industrialisasi di Indonesia berdampak pada berkembangnya sektor ekonomi yang merubah taraf hidup masyarakat. Tak dipungkiri, keberadaan industri di setiap daerah selalu berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi di daerah tersebut, tetapi ada dampak negatif yang terjadi, yaitu masalah lingkungan.

Kebutuhan akan keseimbangan antara ekologi dan lingkungan sangat diperlukan untuk mengukur dampak yang dihasilkan dari proses industri. Sehingga menemukan solusi untuk menjaga keseimbangan antara kegiatan industri dan lingkungan.

Peran Penting Laboratorium Lingkungan

Laboratorium Lingkungan memiliki peran yang cukup penting dalam membantu Industri mengatasi masalah lingkungan. Terutama dalam melakukan monitoring status lingkungan dari abiotik (tanah, air, udara), dan biotik (flora, fauna, dan manusia). 

Proses monitoring yang dilakukan Laboratorium Lingkungan berdasarkan pada sampel yang di uji. Sampel tersebut diambil dari lingkungan lokasi industri beroperasi ataupun sumber pembuangan yang digunakan oleh industri. 

Laboratorium Lingkungan menjadi ujung tombak bagi industri dalam memberikan analisis kuantitatif maupun kualitatif bagi industri. Hasil data yang didapatkan dari Laboratorium sangat berharga untuk menilai dampak dari proses industri. Sehingga pemegang keputusan Perusahaan dapat menentukan kebijakan dan juga pengambilan keputusan yang tepat untuk menyelaraskan antara industri dan lingkungan. 

Baca Juga: 3 Peran Penting Laboratorium Lingkungan Bagi Para Pelaku Usaha

Fungsi Laboratorium Lingkungan

Laboratorium lingkungan memiliki fungsi untuk melakukan monitoring, analisa, dan mengukur parameter terhadap dampak lingkungan yang terjadi akibat dari kegiatan industri. 

Laboratorium lingkungan akan melakukan uji analisis terhadap abiotik dan biotik. Apakah dari kedua unsur tersebut ditemukan senyawa-senyawa yang membahayakan terhadap lingkungan. Dengan melakukan identifikasi sumber polusi, polutan, dan mikroorganisme yang muncul. 

Membantu Menyusun Laporan Lingkungan Hidup

Fungsi lain dari Laboratorium Lingkungan Hidup sebagai lembaga yang akan membantu industri dalam menyusun laporan Lingkungan hidup, seperti laporan Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL), Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RKL-RPL), serta Laporan Analisa Dampak Lingkungan (Amdal).

Baca Juga: Monitoring Iklim Kerja Perusahaan

Bagaimana Memilih Laboratorium Lingkungan untuk Industri?

Memilih Laboratorium Lingkungan untuk proses analisa dampak dari industri yang dilakukan, tidak bisa dilakukan sembarangan. Setiap Laboratorium Lingkungan harus memiliki sertifikat akreditasi laboratorium resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah. 

Seperti yang disebutkan oleh Pusat Fasilitasi Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian Lingkungan Hidup (Pusfaster KLHK). Sebuah Laboratorium Lingkungan harus memiliki Sertifikat akreditasi laboratorium, dan mempunyai identitas registrasi yang berfungsi mendukung pengelolaan lingkungan hidup. Serta perlu memiliki sertifikasi yang dikeluarkan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Jika Anda sedang membutuhkan Laboratorium Lingkungan untuk menganalisa Lingkungan di wilayah industri, Anda bisa memilih PT Advanced Analytics Asia Laboratories (A3 Laboratories) yang sudah memiliki peralatan laboratorium yang sesuai dengan baku mutu yang sudah ditetapkan.

Tak tertinggal, A3 Laboratories juga sudah memiliki sertifikat KAN NO LP-128-IDN sebagai laboratorium lingkungan yang mengimplementasikan sistem mutu ISO/IEC 17025 tentang persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi.

Informasi lebih lanjut mengenai layanan pengujian analisa dampak lingkungan Anda bisa menghubungi tim Sales kami melalui livechat atau melalui website Lab.id.

Tinggalkan Balasan